Apakah Anda sedang mencari asuransi? Inilah kriteria perusahaan asuransi yang sukses

Semua perusahaan asuransi rata-rata mengklaim sebagai yang terbaik. Sederet keunggulan yang ditawarkan perusahaan asuransi meyakinkan banyak orang. Mungkin apa yang dia katakan berbeda dari sudut pandang setiap orang.

Memang, kriteria kinerja asuransi yang baik dapat ditentukan oleh seperangkat kriteria yang biasa digunakan untuk menentukan peringkat kinerja perusahaan asuransi.Dari sana, daftar perusahaan asuransi yang sukses disusun.

10 Kriteria Pemeringkatan Perusahaan Asuransi Berkinerja Baik

Berdasarkan pemeringkatan InfoBank dalam Pemeringkatan Asuransi 123 InfoBank, berikut ini adalah 10 kriteria pemeringkatan bagi perusahaan asuransi yang dinilai berkinerja.

1. RBC: Seberapa sehatkah perusahaan asuransi?

Risk Based Capital (RBC) digunakan untuk mengukur keamanan finansial perusahaan asuransi atau kesehatan perusahaan asuransi.Sehat atau sakitnya kondisi keuangan perusahaan asuransi tercermin dari besar kecilnya laporan RBC. Perusahaan asuransi yang sehat umumnya memiliki rasio RBC yang tinggi.

2. Berapa rasio likuiditas perusahaan asuransi?

Kemampuan perusahaan asuransi untuk mengelola keuangannya dengan baik dan memenuhi kewajiban seperti hutang tergantung pada rasio likuiditas.Rasio likuiditas yang tinggi menunjukkan bahwa situasi keuangan dalam kondisi baik.

3. Berapa nilai guarantee fund untuk melindungi nasabah asuransi?

Dikutip oleh OJK, dana jaminan adalah aset perusahaan asuransi yang digunakan sebagai upaya terakhir untuk melindungi kepentingan pemegang polis, pemegang polis, atau peserta. Mengenai Dana Jaminan ini sudah ada peraturannya: UU no.40 Tahun 2014 dan Peraturan OJK n. 71 / POJK.05 // 2016 terkait kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi.

4. Investasi / Ketentuan teknis ditambah kewajiban kredit

Digunakan untuk menentukan kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban pemegang polis jangka panjangnya.Angka 100% adalah tolok ukur untuk menemukan cadangan teknis/investasi ditambah kewajiban kredit. Sama dengan atau lebih besar dari 100% termasuk dalam kategori terbaik.

5. Aktiva Tetap/Ekuitas

Sejauh mana efisiensi suatu perusahaan asuransi dapat ditentukan oleh aktiva tetap perusahaan asuransi tersebut. Tidak lebih dari 25% adalah angka terbaik untuk perusahaan asuransi yang berfungsi dengan baik.

6. Evolusi premi bruto

Untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memaksimalkan premi, cari tahu tentang evolusi premi bruto perusahaan asuransi. Jika perusahaan asuransi mendapat skor 33% atau lebih, perusahaan asuransi tersebut menduduki peringkat sebagai perusahaan asuransi terbaik.

7. Premi ekuitas bersih

Apa kekuatan ekuitas pada karyawannya di perusahaan asuransi?Kurang dari atau sama dengan 300 adalah standar perusahaan asuransi terbaik.

8. Rata-rata pendapatan investasi bersih

Tentukan apakah rata-rata pendapatan investasi bersih sama dengan atau lebih besar dari rata-rata tingkat bunga investasi atau tidak. Jika sama atau lebih tinggi, berarti perusahaan asuransi itu merupakan salah satu perusahaan asuransi yang terbaik.

9.Rasio klaim bersih

Untuk menemukan perusahaan asuransi yang sukses, rasio ini harus sama dengan atau kurang dari 100%.

10. Rasio laba (rugi) sebelum pajak terhadap kekayaan bersih rata-rata

Digunakan untuk mengukur kemampuan ekuitas untuk menghasilkan laba, standar terbaik yang harus sama dengan atau lebih besar dari rata-rata tingkat bunga investasi.

4 Ini juga dapat digunakan sebagai dimensi

Kadang-kadang calon pelanggan tidak memiliki cukup waktu atau pengetahuan untuk mencari data, sehingga mereka cepat tergiur dengan berbagai penawaran menarik yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Nah, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan saat memilih perusahaan asuransi mobil.Berikut 4 kriteria perusahaan asuransi mobil yang baik selain 10 kriteria di atas.

1. Sudah berapa lama perusahaan asuransi berdiri?

Lama berdirinya suatu perusahaan asuransi dapat menjadi indikator yang mudah untuk menilai kinerja suatu perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi mobil yang baru berdiri kurang dari satu tahun atau hanya satu tahun tidak dapat didirikan di masa depan.Karena asuransi adalah bisnis yang berisiko. Jika Anda tidak berpengalaman, bisnis bisa bangkrut.

2. Memiliki reputasi yang baik

Reputasi tidak dibangun dalam waktu singkat. Perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik harus senantiasa menjaga dan meningkatkan kinerjanya.Untuk mendapatkan perusahaan asuransi mobil yang memiliki reputasi baik, Anda bisa mencari informasi dari berbagai sumber, media sosial atau orang-orang di sekitar Anda.

3. Memiliki banyak bengkel mitra

Bengkel mitra adalah tulang punggung layanan asuransi mobil. Semakin banyak bengkel rekanan maka semakin baik pelayanannya karena semakin mudah menjangkau pemilik kendaraan. Pelanggan akan merasa nyaman tanpa rasa takut ketika hendak bepergian.Dengan banyaknya bengkel rekanan yang tersedia, jika terjadi hal buruk pada mobil Anda di jalan, Anda hanya perlu menghubungi pihak yang terkena dampak dan menunggu hingga perbaikan mobil selesai.

4. Premi yang terjangkau

Paket asuransi yang baik tidak harus mahal. Kinerja perusahaan asuransi mobil yang baik juga tercermin dari premi yang ditawarkan. Jika Anda berhati-hati, perusahaan asuransi mobil yang baik dapat menawarkan premi yang terjangkau dan berkualitas baik.Setiap perusahaan menawarkan harga premium yang berbeda. Sesuaikan reward yang ditawarkan dengan budget Anda. Perusahaan asuransi mobil yang baik pasti akan membantu Anda mendapatkan premi yang tepat.

Perhatikan hal-hal berikut sebelum membeli asuransi mobil

Sebelum membeli produk asuransi mobil, perhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Sesuaikan sesuai kebutuhan.Misalnya, jenis asuransi All Risk diperlukan jika risiko mobil sangat tinggi. Di luar itu, jenis TLO dapat dipertimbangkan.
  • Sesuaikan dengan keahlian Anda saat ingin memilih asuransi. Idealnya, besaran premi asuransi sekitar 10 hingga 15% pendapatan. Pembayaran dapat dilakukan setiap tahun, setengah tahunan, triwulanan, atau bulanan.
  • Membeli produk asuransi dari perusahaan asuransi yang terdaftar secara jelas di OJK dan ditawarkan oleh dealer resmi.
  • Mengetahui dengan jelas semua kelebihan produk yang dibeli dan prosedur klaim untuk memudahkan proses administrasi di kemudian hari.
  • Jangan tergoda oleh pidato pemasar. Jika perlu, mintalah contoh kebijakan untuk produk yang ingin Anda beli untuk ditinjau sebelum memutuskan untuk membeli.
  • Selalu terbuka dan jujur ‚Äč‚Äčkepada pemasar dengan memberikan informasi yang mereka butuhkan untuk menghindari penolakan saat mengajukan keluhan.
  • Pastikan untuk meninjau persyaratan kebijakan saat kebijakan sudah siap. Apakah sesuai dengan kesepakatan pada saat proses pembelian asuransi atau tidak.

 

Selain di atas, Anda bahkan tidak menemukan diri Anda dalam perangkap asuransi mobil berikut.

 

  • Jangan mudah tergiur dengan bahasa pemasaran.
  • Jangan tergiur dengan permainan harga.

Lihat juga Kinerja keuangan dan jaringan layanan

Beberapa kriteria di atas dapat menjadi pertimbangan dalam memilih produk asuransi yang tepat. Meninjau kinerja perusahaan asuransi dapat fokus pada dua aspek, yaitu kinerja keuangan dan layanan dan jaringan real estat.

Sebelum memilih, perlu dipikirkan matang-matang agar hasilnya bagus dan sesuai keinginan. Setelah mendapatkan perusahaan asuransi terbaik, pastikan produk yang ingin Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda dan pahami administrasi yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi tersebut.